RINGKASAN


Sangat terberkati memilikimu

Leonardus Nathan Aberna , anak lelakiku yang lahir 1 Jan 2011.

Ngga terasa usianya sudah 1 tahun. Dan ayah bundanya berencana untuk melakukan syukuran pada tanggal 1 Jan 2012.

Sudah dari 2 minggu yang lalu ayah bundanya sibuk ngurusin untuk syukuran ultahnya, bukan cuma kami deh bude2nya juga sibuk.

Bolak balik asemka karena belanja disana lumayan murah meriah tapi dapet barang yang ok.

Mulai dari balon2, kertas krep untuk hiasan ruangan serta bingkisan untuk temen2 Nathan yang unik. Seru dan antusias sekali terutama bundanya, Soalnya baru pertama kali heheheheeee….

selanjutnya…

DO RE MI

wa ga pat

do dododododo, re rerererere

mi mimimimimi, fa fafafafafa

(do) doakan ku harus pergi (re) relakan aku di sini

(mi) misalnya aku kan pulang (fa) fastikan kau tetap menunggu

(sol) soal cinta luar biasa (la) lama-lama bisa gila

(si) siapa yang tahu pasti (do) doakan aku di sini

adududuh duh aku percaya

kali ini kau pasti bisa yeah

kuku kutanya ada yang salah

jelas ini luar biasa

selanjutnya…

Nathanku juara…

Siapa yang ngga mau punya anak berprestasi ?

Ngga kecuali dengan putra pertama kami. Meskipun usianya baru 7 bulan, tapi dia bisa looo juara 1.

Hmmmmm…sombongnya sang bunda, mungkin pada penasaran yaaa, emank lombanya lomba apa?? Kok bisa anak 7 bulan juara 1???

Entah kebetulan atau tidak, kejadiannya beberapa hari yang lalu ketika anak kami imunisasi. di rumah sakit tempat dia lahir, daerah Slipi, Jakarta Barat. Ngga sengaja saya melihat pamflet besar tentang Lomba Bayi Sehat…padahal udah ngelewatin Pamflet itu beberapa kali, tapi ngga ngeh (sadar)… baru ngeh nya pas nunggu bayaran di kasir.

Iseng-iseng saya langsung bilang suami saya, “ada lomba Bayi Sehat Ayah.” Dia masih yang bingung gitu nanya dimana, secara pamfletnya segede gaban *tepokjidat#suami pake kacamata tebel….

selanjutnya…

someday

As days go by, and fade to nights

I still question, why you left

I wonder how, it didn’t work out

but now you’re gone and memories all I have for now

but no it’s not over, we’ll get older we’ll get over

we’ll live to see the day that I hope for

come back to me

I still believe that

we’ll get it right again

we’ll come back to life again

we won’t say another goodbye again

you’ll live forever with me

someday (2X) we’ll be together

someday (2X) we’ll be together

selanjutnya…

berenang yuks…

Ada keinginan dari saya dan istri untuk mengajak putera kami berenang. setelah membaca2 informasi mengenai kapan waktu yang tepat mengajak bayi berenang.

Dari informasi didapatkan, bayi mulai diperkenalkan berenang pada umur 3 bulan atau lebih dan leher bayi sudah kuat untuk menopang kepalanya.

Setelah genap berumur 3 bulan dan melihat perkembangannya, kami mengajak ke M** and ** (maaf yach…ini bukan promosi) di daerah Darmawangsa Square di lantai 3.

Sebelumnya kami berdua merasa khawatir kalau berenang ini membuat anak kami tidak nyaman dan gelisah….

setelah dipakaikan pelampung di lehernya dan suhu air kolam disesuaikan dengan suhu badan anak kami agar nantinya tidak mengalami kedinginan.

dan akhirnya anak kami berenang dengan menunjukan responnya sangat positif.

selanjutnya…

Bangka-Belitung (bagian ke-2)

Menyambungkan kembali tulisan saya mengenai perjalanan saya bersama temen-temen kantor :)

Hari pertama kita melalui dengan jalan-jalan pantai makanan pantai…. wah…bisa hitam nih kulitnya kalau berjemur terus…

Pulau Belitung dahulunya terkenal dengan tambang timah (PT Timah) sehingga mengalami masa kejayaan dengan kenaikan harga timah didunia. Lambat laut kekayaan terkikis habis meninggalkan danau-danau buatan.

Selain timahnya ada yang menarik yaitu pantainya (Film “Laskar Pelangi” membuat pulau tersebut semakin terkenal…) pantainya berpasir putih halus sehingga saya gregetan untuk bermain dengan pasirnya itu.

Hari ke-2 kita disuguhi dengan hamparan pulau-pulau. Lokasi yang pertama adalah Batu Belayar. untuk menuju lokasi tersebut harus melalu perahu dari pantai Tanjung Kelayang. perahu lumayan besar sekitar 20an temen-teman naik ke perahu tersebut. dengan dilengkapi jaket pelampung kita menuju Batu Belayar .

selanjutnya…

Bangka – Belitung

Wah…akhirnya jalan-jalan juga bareng temen kantor setelah 2 tahun tidak jalan-jalan lagi.

terakhir jalan-jalan ke pulau Ayer (kepulauan Seribu).

Pengennya sih ke Bali…tapi desas-desusnya biaya akomodasi dan transportasinya lebih murah ke Bangka Belitung dan… yang tidak kalah menariknya adalah paronamanya, jika dibandingkan dengan Bali yang notabene tujuan utama pariwisata Indonesia hampir sama kedudukannya (he3X maksa banget :) )

Bangun pagi lalu bersiap untuk keberangkatan pesawat jam 06.20 WIB. Waktu tempuh perjalanan sekitar 50 menit sehingga tiba di Bandara HAS. Hananjoeddin jam 07.35 WIB.

selanjutnya…

BKP (Badan Khusus Pelantikan)

Iseng-iseng buka link http://www.mapalaui.info/2011/03/02/bkp2011/ ada pengumuman tentang BKP (Badan Khusus Pelantikan). Saya teringat kembali dipertengahan tahun 1999 (bulan Oktober), dimana tahun tersebut BKP dibuka kembali setelah 2 tahun (1997).

Ada niat untuk bergabung dengan organisasi Mapala UI. padahal di SMA aja tidak mengikuti pencinta alam SMA. Ada beberapa teman yang ikutan pendaftaran sehingga saya tidak merasa sendiri.

Sistem pendidikannya memakan waktu hampir setahun (11 bulan), kenapa bisa lama? karena hampir semua kegiatan memakai waktunya di hari weekend (Jumat-Minggu). sehingga tidak menganggu kuliah.

Adapun materi-materinya meliputi materi kelas, praktek dan ekspedisi. Dulu untuk untuk mendaftar saja harus ke sekretariat MAPALA UI yang berada di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PUSGIWA), dengan melampirkan :

1. Formulir pendaftaran

2. Pas Foto 4×6 (2-3 lembar)

3. Surat keterangan sehat (membuatnya di Balai Kesehatan Mahasiswa)

4. Surat keterangan dari Orang tua

5. Biaya pendaftaran.

selanjutnya…

Anak Lelaki ku ….

Dua hari sebelum malam pergantian tahun 2010, kondisi kandungan istri sudah mencapai usia 39 minggu. beberapa hari lagi akan menjalankan proses persalinan.

Kami berdua sudah menyiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan untuk proses tersebut mulai dari baju, kain, DLL, akan tetapi kami berdua merasa cemas menantinya.

Sore harinya, tgl 31 Desember 2010 jam 17.00 WIB, kami menuju rumah sakit. Dalam perjalanan, lalu lintas menuju rumah sakit lancar (dalam batin ku…Mudah2 selancar proses persalinannya ya Tuhan), dan cukup 30 menit sudah sampai di Rumah sakit. lalu kami menuju IGD (Instalasi Gawat Darurat) untuk mendaftarkan istri saya.

Dalam konsultasi terakhir dengan dokter kandungan, kami di beritahu bahwa untuk proses persalinan harus dilakukan Seksio-C (lebih dikenal Operasi Caesar) dikarenakan ACA istriku positif. Kalau tetap dilakukan proses persalinan normal akan dikhawatirkan terjadi pendarahan, sehingga dokter kami tidak mau mengambil resiko lebih tinggi lagi. hal ini belajar pengalaman beliau selama menangani pasien positif ACA.

selanjutnya…

ACA (Anticardiolipin Antibodies),APS (Anti Phosfolipid Syndrome)

Sekedar sharing aja…

Pertama kali mengetahui ACA (Anticardiolipin Antibodies) dan APS (Anti Phosfolipid Syndrom) yang diderita istri saya pada masa kehamilannya Minggu ke-20 ini, saya berserah diri… Semua ini kami berserah kepada Tuhan. Apa yang kami rencanakan, Tuhan yang menentukan.

Pada awal kehamilannya tidak ada tanda-tanda kalau ada kelainan di dalam darahnya karena perkembangan bayi kami normal. Tetapi ketika menginjak kehamilan Minggu ke-20 (5 bulan) perkembangan bayi kami tidak berkembang secara normal. Dalam pemeriksaan USG (Ultra Sono Grafi) terlihat perkembangan bayi kami baru mencapai minggu ke-17. Dokter kandungan kami mengatakan kalau perkembangan tidak berjalan sebagai mestinya (Minggu ke-20) tetapi perkembangan baru mencapai tahap Minggu ke-17, ini berati ada selisih 3 Minggu dari perkembangannya. Lalu kami di rujukan ke dokter ahli darah.

selanjutnya…

Busway malang….

Busway merupakan salah satu bentuk transportasi yang di adopsi dari model tranportasi di kota Bogota, Kolumbia.

Pada awalnya… saya kurang antusias untuk mengunakan transportasi model tersebut karena tempat tinggal saya tidak termasuk jalur busway, sehingga alat trasportasi saya mengunakan sepeda motor.

Seiring berjalannya waktu. busway mengalami perubahan2 untuk menarik pelanggan. Kenyamanan, keamanan dan kebersihan menjadi poin utama. Tetapi ada poin yang sangat penting yaitu Waktu.

selanjutnya…

senangnya aku…

Beberapa hari yang lalu, kakakku mengirim pesan lewat SMS meminta dibuatkan cover buku untuk keperluan sidang S2-nya. lalu saya meminta untuk dikirimkan file-nya dalam bentuk softcopy lewat email kantor.

Setelah menerima file tersebut, saya edit tata letak tulisan dari format kertas A4 menjadi A5, kebetulan format kertas A5 pernah saya buat sewaktu membuat skripsi Teknik Industri sehingga saya tidak mengalami kesulitan untuk meng-edit tulisan kakak saya.

Proses pembuatan dari format A4 menjadi A5 setelah selesai, nah… proses membuat cover buku yang baik dan sesuai dengan tema tulisan hehehehe :) Mau tidak mau saya membaca tulisan kakak sehingga dapat memahami tema yang disampaikan kakak lewat tulisannya.

selanjutnya…

Jalan Margonda kok pohonnya hilang… :(

Udah 11 bulan tidak melewati Jalan Margonda Depok, baru kemarin lewat disana…

wow berubah banget…

Jalannya udah lebar, macetnya udah mulai berkurang, tidak ada jembatan penyebrang (kecuali deket terminal) padahal 1 arah aja ada 4 jalur (8 jalur untuk 2 arah).

selanjutnya…

Alam dan Teman

Terengah-engah aku melangkah

‘tuk mencapai tujuan

Sambil melihat alam

Berjalan dan terus berjalan

Sampai dimanakah kita berada ?

Sudah sampaikah?

Masih jauh perjalannya?

Berbagai pertanyaan itu yang selalu ada

Dengan beralaskan sepatu

Kami berjalan beriringan

Senda dan gurau membuat

Kelelahan hilang sesaat

selanjutnya…

terima kasih ibu…

Engkau melahirkan anak-anakmu ke dunia ini…

Empat orang anak yang lahir dari rahimmu….

Sembilan bulan ‘kau mengandung anak2mu

Terima kasih Ibu… Ditanganmu ‘kau tuntun kami menapaki hidup ini

Dipundakmu ‘kau menggendong kami tanpa mengeluh

Dilenganmu ‘kau membuat kami rasa nyaman dan terlindungi

Terima kasih Ibu

selanjutnya…

Garuda Di Dadaku (part 2)

Sering kita mendengar lagu Garuda di dadaku yang dinyanyikan serempak oleh penonton Indonesia disaat menyaksikan Tim Indonesia berjuang dalam berbagai pertandingan, seperti : sepak bola, bulu tangkis, pencak silat, futsal (sepak bola didalam ruangan), bola voli, dan berbagai cabang olah raga lainnya. Dengan penuh semangat kita menyanyikan untuk tim Indonesia agar semangat nasionalisme membela negara Indonesia terpacu sehingga apa yang kita semua harapkan dapat terwujud.

Kalau teman2 (WordPress’er) perhatikan dengan kostum baju yang digunakan oleh atlet2 Indonesia baik itu warna baju yang berubah-rubah tetapi ada satu yang tidak pernah berubah, yaitu Gambar Garuda Pancasila. Yups tema ini yang saya tulis sebagai bahan tulisan saya.

Burung Garuda….pernah teman2 membanyangkan ?

Tentu sering mendengar dan membayangkan, saya ingat pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) sewaktu saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Salah satu pelajaran yang utama selain pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia. Nilai di raport dari ketiga pelajaran tersebut, salah satunya mendapatkan nilai dibawah 6/60 siap2 untuk tidak naik kelas artinya mengulang pelajaran di tahun pelajaran yang baru.

selanjutnya…

sharing bebek yuks….

Beberapa hari lalu ketika perut sudah tidak bisa kompromi menahan lapar :)

kami sepakat mencoba salah satu rumah makan yang menyajikan menu makanannya yaitu Masakan Bebek…yummy kelihatannya heheheheh

segera kita melihat menu yang tersedia

ternyata menu yang di sajikan yaitu Bebek Goreng. Biasanya di beberapa tempat makan yang menyajikan menu bebek tidak hanya bebek goreng saja melainkan bebek bakar, bebek cabe merah/hijau, bebek yang lain-lain hehehehhe. Ruman Makan H. Slamet tetap menyajikan menu Bebek Goreng yang original.

langsung saja kita pesan tiga bebek goreng hehehe (Maaf kelaparan… :) )

Setelah menunggu beberapa saat datanglah makanan yang kita pesan dengan beberapa pelengkapannya

selanjutnya…

Garuda Di Dadaku

Beberapa waktu lalu pas liburan sekolah. saya menyempatkan nonton film “Garuda Di Dadaku” bersama keponakan-keponakan yang berjumlah 5 orang :)

Ada lagu yang berjudul sama dengan judul filmnya… dan sepertinya sangat familiar dengan lagunya. Ternyata Lagu tersebut sama dengan Lagu daerah “APUSE” dari Papua, dengan dirubah lirik lagunya.

Lagu APUSE sendiri konon menceritakan perpisahan seorang anak dengan ibu untuk pergi menuntut ilmu atau merantau mengejar cita-citanya.

Sedangkan lagu “Garuda di Dadaku” dapat diartikan selalu berjuang untuk tanah air dengan mengapai cita-cita yang membanggakan.

selanjutnya…

Nyanyian bersama…

Ada beberapa lagu yang sering dinyanyikan oleh teman2 sehobi, baik itu acara resmi seperti Ulang Tahun, Pelantikan maupun kegiatan pendakian atau kegiatan di alam terbuka.

Mahameru

Lagu ini pertama kali saya diperdengarkan ketika Perjalanan Panjang selama 12 hari di Argopuro, Jawa Timur. Disaat istirahat kita ditemani oleh hangatnya api unggun dan suara alam nan syahdu,  lagu tersebut diperkenalkan dan dinyanyikan oleh senior Mapala UI ke kami2 (pada saat itu masih Calon Anggota).

Lagu tersebut diciptakan oleh Djodi Wuryantoro (M-080-UI)

selanjutnya…

Hadiah yang ‘tak Ternilai….

1. Kehadiran

Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Kehadiran tidak harus selalu dalam bentuk nyata tetapi dengan bisa juga hadir lewat surat, telepon, foto, email atau faks. Namun dengan berada di sampingnya, dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran sebagai pembawa kebahagiaan.

selanjutnya…

Djika Berpisah (puisi terakhir dari Idhan Lubis)

Pro : Herman O. Lantang ( M-016-UI)

Djika Berpisah

Di sini kita bertemu, satu irama

di antara wadjah2 perkasa…

tergores duka dan nestapa,

tiada putus asa

tudjuan esa puntjak mendjulang di sana

Bersama djatuh dan bangun

di bawah langit biru pusaka…

antara dua samudra…

Bersama harapanku djuga kau

satu nafas

kita jang terhempas

pengabdian… dan… kebebasan…

selanjutnya…

Mandalawangi Pangrango

MANDALAWANGI – PANGRANGO

Sendja ini, ketika matahari turun

ke dalam djurang2 mu

aku datang kembali

walaupun setiap orang berbitjara

tentang manfaat dan guna

aku bitjara padamu tentang tjinta dan keindahan

dan aku terima kau dalam keberadaanmu

seperti aku terima daku

aku tjinta padamu, Pangrango jang dingin dan sepi

sungaimu adalah njanjian keabadian tentang tiada

hutanmu adalah misteri segala

tjintamu dan tjintaku adalah kebisuan semesta

selanjutnya…

Sekarang ini adakah lagu2 seperti ini….?!!!

Melati Suci

Penyanyi : Tika Bisono

Pencipta : Guruh Sukarno Putra

Putih-putih melati,

Mekar di taman sari

Semerbak wangi penjuru bumi

Seri-seri melati

Bersemi anggun asri

Kucipta dalam gubahan seni

Tanjuk bak permata

Siratan bintang kejora

Kan ku persembahkan

Bagimu Pahlawan Bangsa

Putiknya pesona rama-rama

neka warna

Kan ku persembahkan bagi pandu Indonesia

Suci Suci melati

Suntingan Bu Pertiwi

Lambang nan luhur

Budi pekerti

Oh Melati…3x

selanjutnya…

saya cinta kamu

ada beberapa ungkapan “saya cinta kamu” dari beberapa bahasa di dunia, antara lain : Afrikaans Ek is lief vir jou

Albanian Te dua

Arabic Ana Behibek

Armenian Yes kez si’rumem

Basque Maite zaitut

Bengali Ami tomake bahlobashi

Berber Lakh tirikh

Burmese Chit pa de

Bosnian Volim te

Bulgarian Obicham te

Cambodian Bon sro lanh oon

Catalan T’estimo

Cheyenne Néméhotâtse

Chinese Wo ai ni

Creole Mi aime jou

selanjutnya…

secangkir ekstase bernama kopi…

Mitos ekstase bernama kopi terbang dari Ethiopia menuju penjuru dunia. Dengan 400 miliar cangkir di konsumsi per tahunnya, kopi adalah minuman paling populer sejagat setelah air putih.

Ceritanya :

Beberapa ekor kambing dan seorang gembala bernama Kaldi. Suatu malam secara tidak sengaja Kaldi mendapati ternaknya meloncat-loncat riang, tak jauh dari pepohonan rindang. Kambing berdansa di bawah sinar bulan? Pemuda tanggung itu pun mencoba mencari tahu. Dilihatnya para kambing sedang menyantap buah-buah kecil berwarna merah ceri yang menyembul dari dedaunan.

Penasaran, Kaldii kemudian memberanikan diri menyantap beberapa butir. Selang beberapa saat, ia bergabung dengan ternaknya neari-nari menghabiskan malam.

Kisah yang berlangsung di Ethiopia tahun 800-an itu dipercaya menjadi asal muasal penemu kopi. Namun itu hanya kisah rakyat, ataupun dongeng sebelum tidur. Belum ada riset serius yang mengabsahkannya. Itu sebabnya Kaldi tak pernah dikenang sebagai penemu besar layaknya Einstein atau James Watt. Nama lengkapnya saja tak diketahui, apalagi lokasi makamnya.

selanjutnya…

berciuman…

Berciuman memang bukan tindakan yang bisa diatur-atur,

keinginan untuk mencium seringkali timbul begitu saja karena Anda

begitu menyayangi seseorang. Tapi jika ada beberapa gaya ciuman tertentu yang dapat membuat dia merasa nyaman sehingga dapat menikmatinya

sampai meninggalkan kesan yang mendalam, Kalau begitu boleh-boleh saja jika Anda praktekkan tetapi dengan pasangan anda.

Mudah-mudahan Dia semakin sayang pada Anda… :)

selanjutnya…

anak belajar dari kehidupannya

Jika anak dibesarkan dengan celaan,

Ia belajar memaki.

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,

Ia belajar berkelahi.

Jika anak dibesarkan dengan cemohan,

Ia belajar rendah diri.

Jika anak dibesarkan dengan penghinaan,

Ia belajar menyesali diri.

Jika anak dibesarkan dengan toleransi,

Ia belajar menahan diri.

selanjutnya…

Kami bertiga, Kamu bertiga

Ketika kapal seorang Uskup berlabuh untuk satu hari di sebuah pulau terpencil, ia bermaksud menggunakan hari itu sebaik-baiknya. Ia berjalan-jalan menyusuri pantai dan menjumpai tiga orang nelayan sedang memperbaiki pukat. Dalam bahasa Inggeris pasaran mereka menerangkan, bahwa berabad-abad sebelumnya mereka telah dibaptis oleh para misionaris. ‘Kami orang Kristen,’ kata mereka sambil dengan bangga menunjukan dada.

Uskup amat berkesan. Apakah mereka tahu doa Bapa Kami? Ternyata mereka belum pernah mendengarkannya. Uskup terkejut sekali. Bagaimana orang-orang ini dapat menyebut diri mereka Kristen, kalau mereka tidak mengenal sesuatu yang begitu dasariah seperti doa Bapa Kami?

‘Lantas, apa yang kamu ucapkan bila berdoa?’

‘Kami memandang langit. Kami berdoa : ‘Kami bertiga, Kamu bertiga, Kasihanilah kami’ Uskup heran akan doa mereka yang primitif dan jelas bersifat bidaah¬¬ ini. Maka sepanjang hari ia mengajarkan mereka berdoa Bapa Kami. Nelayan-nelayan itu sulit sekali menghafal, tetapi mereka berusaha sebisa-bisanya. Sebelum berangkat lagi pada pagi hari berikutnya, Uskup merasa puas. sebab, mereka dapat mengucapkan doa Bapa Kami dengan lengkap tanpa satu kesalahan pun.

selanjutnya…

mohon hati yang damai…

Dewa Vishnu sudah bosan mendengarkan permohonan salah seorang penyembahnya, hingga suatu ketika ia menampakkan diri dihadapannya dan berkata: ‘Sudah kuputuskan, aku akan memberikan tiga hal, apa pun yang kau minta. Sesudah itu tidak ada sesuatu pun yang akan kuberikan kepadamu lagi.’

Penyembah itu dengan gembira langsung mengajukan permohonan yang pertama. Ia meminta, agar istrinya mati sehingga ia dapat menikah lagi dengan wanita lain yang lebih baik lagi.

Permohonannya dikabulkan dengan segera.

Tetapi ketika teman-teman dan sanak-saudaranya berkumpul menghadiri pemakaman istrinya, dan mulai mengenangkan kembali semua sifat baiknya. Penyembah itu sadar bahwa ia telah bertindak terlampau gegabah. Saat itu ia menyadari bahwa dulu ia buta terhadap segala kebaikan istrinya. Apakah ia masih bisa menemukan wanita sebaik dia?

selanjutnya…

sekedar sharing aja…

Beberapa hari yang lalu… saya mengunjungi sebuah kota di Kalimantan Tengah tepatnya kota Palangka Raya. Dengan pesawat Sriwijaya, saya berangkat menuju Palangka Raya dari Jakarta Jam 10an (delay 1 jam). Sesampai di kota tersebut… saya disambut oleh hujan yang lebat (khas Kalimantan: dari cuaca cerah….tiba-tiba hujan turun dengan lebatnya lalu cerah lagi).

Terpaksa saya ngendon di Bandara Djilik Riwut, memang kebiasaan saya jika mengunjungi daerah yang baru…saya melakukan adaptasi dengan kebudayaan dan kebiasaan masyarakat setempat. Sambil menunggu hujan reda, saya terlibat pembicaraan dengan salah satu penumpang yang ikut di pesawat bareng saya. Beliau ternyata sedang berdinas (dinas = identik dengan Pegawai Negeri ) mulai dari pembicaraan basa-basi hingga pembicaraan pengalaman beliau saat berdinas di seluruh Indonesia….enak ya kalau jadi PNS hehehehe

Beberapa hari saya di kota Palangka Raya… ada beberapa pendapat saya tentang kota tersebut….

apa ya..? hehehehe

selanjutnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: