Busway malang….

24 09 2010


Busway merupakan salah satu bentuk transportasi yang di adopsi dari model tranportasi di kota Bogota, Kolumbia.

Pada awalnya… saya kurang antusias untuk mengunakan transportasi model tersebut karena tempat tinggal saya tidak termasuk jalur busway, sehingga alat trasportasi saya mengunakan sepeda motor.

Seiring berjalannya waktu. busway mengalami perubahan2 untuk menarik pelanggan. Kenyamanan, keamanan dan kebersihan menjadi poin utama. Tetapi ada poin yang sangat penting yaitu Waktu.

Tidak disadari oleh kita yang hidup di kota besar… masalah waktu menjadi hal yang utama dikarena faktor kemacetan yang semakin lama menjadi-jadi.

Loh kok jadi panjang lebar yang mengenai busway hehehehehe

Wong saya menulis ini untuk menceritakan betapa enaknya naik busway…. Nggak percaya….???!!!…

Awalnya saya antipati dengan adanya busway. Wong dulunya saya tinggal di Tomang nggak ada tuh jalur busway (dulu yach…sekarang kan udah ada :) ) lalu pindah ke cengkareng dengan jalur busway sudah beroperasi.

Dengan sudah dioperasinya jalur Kalideres-Harmoni…tidak serta merta saya langsung mengunakan transportasi itu karena waktu untuk sampai di kantor tidak efisien dengan tenaga untuk berdiri dan menunggu bus hehehe dan macetnya itu loh….
Roda transportasi saya ..yach itu hanya sepeda motor :) .

Adapun rute yang dilalui sebagai berikut :
1. Tegal Alur – Cengkareng – Puri Kembangan – Panjang – Patal Senayan – TVRI – Gatot Subroto – Sudirman
2. Tegal Alur – Cengkareng – Puri Kembangan – Panjang – Kebon Jeruk – Syahdan – TPU Kemangisan Pulo – Slipi – Gatot Subroto – Sudirman
3. Tegal Alur – Cengkareng – Daan Mogot – Tomang – S.Parman – Gatot Subroto – Sudirman (rute ini macetnya setengah mati…. :) membuat emosi kalau lewat jalur ini)

Dengan mengunakan motor…jalur altenatif menjadi pilihan para pengendara motor hehehehe sehingga waktu ditempuh hanya 1 ½ jam saja, jauh yach :) ???

yach namanya hidup…penuh perjuangan

Biaya yang dikeluarkan dengan mengunakan motor yach itu hanya bahan bakar saja. Secara rutin Rp.30.000,- selama 2 hari. Biaya yang dikeluarkan itu belum termasuk servis rutin dan mengganti onderdil.

Beberapa bulan yang lalu, terdengar kabar bahwa akan di sterilisasikan jalur-jalur busway sehingga hanya busway saja yang lewat jalur tersebut selebihnya kendaran lain…klo berani lewat…siap-siap kena tilang :) dan benar adanya.

Mendengar kabar tersebut, saya mencoba melewati rute yang ke-3 dan melihat langsung kalau sterilisasi berjalan sehingga jalur umum macet tidak ketulungan dan busway melenggang kangkung lewat jalurnya….

Duh iri saya melihatnya (coba saya naik busway….walau cuma berdiri, tidak kepanasan, tidak macet dan waktu temputnya cepat….alangkah nikmatnya….)

Nah…beberapa minggu yang lalu (sebelum Idul Fitri) saya mencoba mengunakan busway dan apa yang saya lamunkan sungguh terjadi…dan waktu tempuhnya sama seperti saya mengunakan motor. Wah…klo kayak gini…mendingan naik busway… tidak macet, tidak kepanasan, dan nyaman….

Nah sekarang saya mendapat rute baru lagi nih….

Tegal Alur – Cengkareng – Daan Mogot – Tomang – Kyai Tapa – Harmoni – MH Thamrin – Sudirman

Biaya yang dikeluarkan adalah

Ojek sampai cengkareng Rp.7.000,-
Busway Rp. 3.500,-
Total Rp. 10.500,-

Pulang Pergi (PP) Rp.21.000,-

Memang lebih dari 2x lipat biaya yang dikeluarkan bila memakai jalur busway… tetapi stamina saya selama mengunakan busway lebih hemat dibandingkan bila mengunakan motor.

Dan saya lebih FRESH sampai dirumah dan disambut dengan pelukan hangat istri saya heheheheh

oh busway malang…kenapa ‘engkau tidak diperhatikan…???? seandainya orang-orang yang egois mau bergabung dengan komuter busway….
wah jalan di Jakarta akan enak dipandang…polusi bisa dikurangi…

Jayalah selalu Indonesiaku…
Hidup Go Green…

:)

Aksi

Information

10 responses

7 05 2013
Baru Diyanto

kalau cengkareng ampek kalimalang brapa jam ya

27 05 2013
bernadusnana

kalau ditanya berapa jam, yach tergantung dijalannya mas…
titik macetnya ada di Jl. Daan Mogot, Jl. S.Parman dan Jl. Kalimalang. kalau lancar semua bisa 1 1/2 – 2 jam ke sananya.

salam,
bernadusnana

26 03 2012
bernadusnana

@ machungaiwo
Terima kasih atas jempolnya yach…. :)

salam,
bernadusnana

26 10 2010
nadia

Sayangnya oh sayangnya… nggak ada busway euy ke jalur rumah gw… :D

29 10 2010
bernadusnana

tenang ‘nad…nanti juga ada hehehehhe
pernah mengalami kejadian 6 jm di Busway…? sudirman-harmoni-cengkareng menempuh waktu +/- 6 Jam brati sama dengan jakarta-cirebon :)

8 11 2010
nadia

Beuhhh pasti pas yang lagi jakarta macet gila-gilaan itu ya? Emang hari itu dahsyat banget. Gw juga naik motor gambir-ciputa, 4 jam. parahhhhh….

29 09 2010
gege

Saya setuju dengan menggunakan busway.
Namun di daerah tempat tinggal saya di pondok kelapa, kalimalang blm ada akses busway. Adapun jika sudah sampai bypass halim.
Itupun baru jalanan busway nya doang ditambah shelter2 yang sudah rusak karena cuma dibangun dan dibiarkan sehingga banyak shelter busway sepanjang bypass halim – tj priok rusak karena ulah manusia.
Saya masih setia menggunakan roda dua saya karena yang pertama hemat waktu dan hemat ongkos hehe..

Menggunakan roda 2:
waktu tempuh = 30 – 40 menit perjalanan
biaya = sehari hanya menghabiskan biaya 1 liter premium pp atau Rp. 4500

Menggunakan angukutan (paling murah)
waktu tempuh = 50 – 70 menit perjalanan
biaya = 2000+3000+3000 = Rp. 8000 x 2 = Rp. 16.000 (pp)

mungkin akan lain soal jika tempat kerja saya seperti anda :)

29 09 2010
bernadusnana

mantap analisanya hehehehe tengkyu bro Gege.

alangkahnya nikmatnya jika semua jalur Busway sudah terintregasi dengan semua jalan yang menghubungi kota Jakarta sehingga membayar cuma sekali 1x doang…
(setiap transit cuma meluangkan waktu untuk mengantri…jadinya yach Budayakan Antri)
hehehehe

salam,
bernadusnana

24 09 2010
bernadusnana

yup…
seiring adanya sterilisasi jalur busway….manfaatnya baru mulai terasa :)

salam,
bernadusnana

24 09 2010
Rafans Manado

Tabea… Di mana-mana seluruh Indonesia, yang menjadi permasalahan adalah transportasi. Nice blog. Thanks,-

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

